Metal Detector Adalah Pendeteksi Emas Terbaik, Seperti Ini Cara Kerjanya

Metal Detector Adalah

Banyak orang saat ini memiliki ketertarikan untuk mencari logam mulia atau harta karun dengan cara menggunakan alat yang disebut metal detector, sehingga banyak diantara mereka beralih hobi sebagai pencari harta karun atau logam yang terkubur atau tertimbun tanah. Biasanya sebagian besar yang mereka cari adalah barang-barang peninggalan prasejarah hingga barang-barang yang berbahan dasar Emas, nah Metal Detector Adalah suatu alat yang dapat mendeteksi adanya mineral logam dengan memanfaatkan gelombang elektronik yang dipancarkan lalu di terima lagi menjadi bentuk data yang menginformasikan keberadaan suatu benda atau logam. Namun bagaimana cara kerjanya, berikut ulasannya:

Cara Kerja Metal Detector

–          Detector Logam

Yang pertama adalah detektor logam, cara kerjanya ialah dengan cara mentransmisikan gelombang elektronik / gelombang elektromagnetik yang menjadi energy, yang mana jika menembus tanah dan mengenai mineral logam, gelombang akan dipantulkan kembali dan diterima oleh detektor logam yang nantinya ditransmisikan menjadi data atau suara yang dapat dimengerti oleh pengguna.

–          Control Box

Kontrol Box ini berisi elektronik detektor, yang mana ditempat ini metal detector mentransmisikan gelombang yang dipancarkan dan gelombang yang diterima yang selanjutnya dijadikan sebuah data manual atau digital untuk diberitahukan kepada pengguna.

–          Search coil

Salah satu bagian yang paling utama di Metal Detector Adalah Search Coil, ini memiliki tugas memancarkan medan elektromagnetik, yang dipancarkan ke dalam tanah dan dipancarkan kembali jika terkena mineral logam yang nantinya ditransmisikan kembali dalam bentuk suara dan data ke pengguna.

Metal Detector Adalah

–          Medan Elektromagnetik

Nah medan elektromagnetik merupakan hal yang paling inti dari alat pendeteksi logam ini, pasalnya medan elektromagnetik ini berfungsi untuk mendapatkan data, yang mana medan elektromagnetik ini akan memancarkan gelobang kedalam tanah untuk mencari atau mendeteksi adanya logam, dan apabila gelombang mengenai mineral logam, gelombang akan dipancarkan kembali dan diterima lalu ditransmisikan menjadi data atau suara yang dapat mengerti oleh pengguna.

Fitur-Fitur Metal Detektor

–          Frekuensi

Pada alat metal detector memiliki fitur yang dapat mengatur tinggi rendahnya frekuensi gelombang elektronik untuk mendeteksi mineral logam target, semakin tinggi frekuensi gelombang elektronik yang dipancarkan, maka semakin sensitif terhadap target yang terdeteksi, dan sebaliknya jika frekuensi semakin rendah frekuensinya makan kesensitifan mendeteksi mineral akan semakin menurun.

–          Ground Balance

Fitur ground balance merupakan fitur untuk mengatur kedalaman mendeteksi suatu target di dalam tanah, manfaat lain dari fitur ini adalah dapat meredam frekuensi noise yang dihasilkan oleh partikel-partikel seperti mineral garam atau pasir besi yang mungkin terdapat pada tanah, dengan pengaturan yang dilakukan oleh fitur ini dapat menghilangkan gangguan suara yang diakibatkan oleh noise yang dihasilkan mineral dalam tanah.

–          Diskriminasi

Fitur ini memiliki fungsi diskriminasi terhadap logam atau target yang tidak diinginkan, seperti ketebalan, masa target, dan sifat konduktornya atau masa besinya yang ditemukan, karena dengan fitur ini dapat membedakan target secara akurat yang dapat memberikan Anda keputusan untuk terus menggali nya atau meninggalkannya dan menganggapnya sebagai sampah saja. Biasanya respon yang diberikan adalah suara gelombang yang berbeda-beda di setiap target, atau jika menggunakan alat detector yang disertai LCD, alat detector akan memberikan kode target yang ditemukan.

Nah itu dia beberapa cara kerja alat detektor logam ini, yang memberikan kita pengetahuan bahwa Metal Detector Adalah suatu alat untuk mendeteksi adanya logam. Alat pendeteksi logam ini bisa Anda dapatkan di Minelab. 


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *