Inilah Ciri-Ciri Anting Berlian Asli dan Teknik Membedakannya dengan Anting Berlian Palsu

anting berlian asli

Apakah Anda sedang mempersiapkan pernikahan dan menjadikan anting berlian asli sebagai salah satu seserahan untuk pengantin perempuan? Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk membedakan berlian asli dan berlian palsu. Simak ulasan lebih lengkap berikut ini.

Ciri-Ciri Anting Berbahan Berlian Asli

Di bawah ini akan dijelaskan beberapa ciri utama dari anting berbahan dasar berlian asli dan cara membedakannya dengan anting berlian abal-abal. Apa saja ya?

  1. Terdapat Sertifikat Keaslian Berlian 

Cara paling mudah untuk mengecek anting yang terbuat dari berlian asli adalah adanya sertifikat resmi. Baik dari AGS, GIA, IGI, EGL, GSI, maupun HRD. Umumnya, berlian yang berada di atas 0.19 carat akan mendapatkan sertifikat resmi dari laboratorium pihak ketiga.

The Palace termasuk salah satu toko perhiasan anting dan cincin berlian asli yang telah memiliki izin untuk memasarkan produk perhiasan yang memiliki sertifikat resmi. Tak perlu ragu untuk membeli produk dari toko ini karena sudah bisa dipastikan keasliannya.

anting berlian asli
  1. Melakukan Tes Embun

Jika Anda pernah mendengar tes embun untuk menentukan kualitas anting berlian versi asli, maka hal ini tidak salah. Anda bisa mencoba dengan menghembuskan napas ke area berlian mana saja.

Jika berlian berembun, maka kemungkinan produk yang sedang dipegang adalah palsu. Hal ini dikarenakan berlian asli tidak akan berembun karena bisa menahan uap panas. Jika menghembuskan napas berulang kali pada berlian, maka permukaannya akan tetap kering.

Tak hanya itu saja, kelembaban yang ada di sekitar lokasi penyimpanan berlian juga akan berpengaruh pada tes ini. Jika dilakukan pada produk giwang atau cincin berlian lainnya, maka kemungkinan akan tidak berembun karena memang produk yang dipajang adalah berlian asli.

  1. Cek Pantulan Cahaya dari Berlian

Cara melakukan pengecekan anting berlian yang asli, maka Anda bisa melakukan pengecekan pantulan cahaya yang dihasilkan. Berlian asli bisa memantulkan cahaya putih dan abu-abu. Anda juga akan melihat kilau pelangi dari berlian asli.

Ada banyak variabel yang menentukan tes pantulan cahaya. Jika ingin melihat kilau pelangi pada berlian, maka pastikan membawa ahlinya. Ada beberapa faktor penentu seperti tingkat pencahayaan, permukaan berlian, penempatan berlian, hingga bentuk dan proporsi berlian yang akan diuji.

  1. Tidak Ada Goresan

The Palace merupakan toko perhiasan yang kredibel dan menjaga kualitas produknya tanpa goresan. Hal ini pun memang menjadi salah satu ciri berlian asli yang tidak akan mudah tergores karena kekuatan bahannya yang berkualitas.

Berlian murni dan asli akan sangat rapi, halus, dan mudah diidentifikasi dan bisa dibedakan dengan berlian palsu. Hal ini menjadi trik dasar bagi Anda yang masih pemula dalam perhiasan tetapi ingin menggunakan produk berlian asli sebagai investasi.

  1. Tidak Memiliki Bentuk yang Jelas

Ciri lainnya yang menjadikan pembanding dari berlian palsu adalah bentuk berlian yang tidak beraturan. Berlian asli akan memiliki skema bentuk yang abstrak dan tidak simetris. Hal ini akan terlihat pada anting yang dibuat, sekalipun berukuran kecil.

Berlian palsu biasanya terlihat transparan, sangat rapi, dan punya bentuk yang cantik simetris. Hal inilah yang menjadi pembeda utama ketika Anda memutuskan untuk menjadikan anting berlian sebagai salah satu perhiasan terbaik.

Mencari anting berlian asli memang tak bisa sembarangan. The Palace Jeweler menjaga kualitas berlian, dengan sertifikat resmi, sehingga tak perlu diragukan lagi kualitas produk dan kredibilitas tokonya. Sudah tentukan mau pilih anting yang mana?


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *