Info Beasiswa S2: Kenapa Harus Kuliah di Dalam Negeri?

Info Beasiswa S2

Banyak yang ingin mendapatkan beasiswa S2 setelah menyelesaikan program S1 selama empat tahun. Tapi sayangnya tidak semua orang bisa mendapatkannya, apalagi jika dikaitkan dengan masalah biaya. Jika Anda ingin melanjutkan kuliah ke tingkat magister, sebaiknya mencari info beasiswa S2 dari jauh hari untuk bisa mempersiapkannya secara maksimal. Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan informasi yang banyak dan tepat untuk segera mempersiapkan segalanya. 

Mendapatkan beasiswa magister bukan semata-mata untuk gengsi, melainkan butuh niat penuh untuk belajar lagi. Banyak yang mencari beasiswa ke luar negeri, padahal di dalam negeri juga ada kampus dengan kualitas yang bagus. 

Kenapa Harus Memilih Kampus di Dalam Negeri?

Kuliah di dalam negeri juga bisa menjadi kesempatan dan peluang belajar yang tepat jika Anda mencari kampus yang benar-benar berkualitas. Berikut ini beberapa alasan kenapa lebih baik memilih kampus di dalam negeri:

Memiliki Kualitas yang Baik

Tidak harus pergi kuliah ke luar negeri, karena di Indonesia juga sudah ada beberapa kampus dengan kualitas yang baik dan rekam jejak bagus. Dalam hal ini, Anda memang harus memilih kampus tujuan dengan penuh pertimbangan. Hal yang terpenting adalah kualitasnya.

Info Beasiswa S2

Peluang Dapat Beasiswa

Peluang untuk mendapatkan beasiswa S2 di dalam negeri juga melimpah. Termasuk beasiswa yang diberikan langsung oleh universitas. Pilih universitas yang bisa memberi beasiswa untuk program magister tapi tetap memperhatikan kualitas, fasilitas, dan prospek kerjanya.

Kuliah di dalam negeri juga terdapat banyak jurusan. Mulai dari Kelautan, Farmasi, Ekonomi, Kedokteran, Sastra, dan lain sebagainya. Jadi tidak harus kuliah ke luar negeri.

Bisa Kerja Paruh Waktu

Anda juga bisa langsung mempraktikkan ilmu S2 dengan bekerja menjadi karyawan magang atau pekerjaan lainnya. Kesempatan ini sangat bagus dan tidak akan mengganggu prioritas kuliah yang utama. Ada banyak kesempatan bekerja di Indonesia, baik itu membuka usaha sendiri atau menjadi karyawan.

Terhindar Culture Shock

Culture shock atau gegar budaya merupakan suatu kondisi di mana seseorang merasa gelisah ketika tinggal di negeri orang, terutama saat berhadapan dengan budaya dan lingkungan yang berbeda. Dengan kuliah di dalam negeri, Anda tidak akan merasakannya. Mungkin memang ada beberapa hal yang berbeda dengan daerah asal, tapi tidak separah yang terjadi di luar negeri. Apalagi jika Anda memiliki kepribadian yang sulit untuk beradaptasi. Lebih baik kuliah di dalam negeri yang sudah pasti nyaman.

Selain terhindar dari gegar budaya, kuliah di dalam negeri sangat cocok untuk Anda yang sering merasa rindu dengan rumah atau kampung halaman. Jika Anda tidak bisa jauh dari keluarga, lebih baik mempertimbangkan untuk tetap kuliah di dalam negeri saja. Hal yang terpenting adalah memilih kampus yang mampu memberikan pengajaran berkualitas.

Jadi, sekarang saatnya membahas kampus terbaik yang menyediakan fasilitas lengkap,  tenaga pengajar profesional, sekaligus beasiswa S2.

Universitas Indonesia (UI) merupakan kampus yang sudah tidak asing lagi di kalangan para pemburu beasiswa. Kampus ini memiliki berbagai jurusan dengan kualitas yang sangat baik, tidak kalah dengan beberapa kampus di luar negeri. Tidak heran bahwa para alumni UI berhasil diterima di berbagai sektor penting.

Anda bisa mendapatkan info beasiswa S2 yang lengkap di website UI. Ada beberapa persyaratan yang bisa Anda lengkapi dari sekarang sebelum akhirnya melamar beasiswa. 


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *