Ketahui Kapan Vaksin Anjing Harus Diberikan

Vaksin Anjing

Vaksin merupakan salah satu upaya untuk melindungi hewan peliharaan Anda, seperti anjing dari berbagai penyakit. Saat ini ada banyak jenis vaksin anjing, dan bahkan beberapa di antaranya merupakan vaksin yang bersifat wajib. Salah satu contoh vaksin yang wajib diberikan yaitu vaksin rabies, karena penyakit tersebut bisa menular ke anjing lain dan bahkan ke manusia.

Bagi para owner, atau pemilik anjing, Anda wajib tahu kapan virus tersebut harus diberikan. Selain itu, Anda juga harus tahu jadwal rutinan vaksin yang harus Anda berikan kepada anjing kesayangan Anda. Nah, di artikel ini kami akan coba memberikan informasi kepada Anda yang ingin mengetahuinya.

Jadwal dan Waktu Pemberian Vaksin Anjing

Vaksinasi adalah salah satu cara penting untuk melindungi anjing dari berbagai jenis penyakit. Namun, agar vaksinasi dapat memberikan hasil yang optimal, Anda harus mengetahui waktu dan jadwal vaksin yang tepat.

Waktu vaksinasi pertama untuk hewan peliharaan Anda tersebut biasanya diberikan mulai pada usia 6-8 minggu. Pada usia ini, sistem kekebalan anjing sudah cukup kuat untuk menerima vaksin dan membangun kekebalan yang cukup untuk melindungi dari penyakit.

Vaksin Anjing

Setelah vaksin pertama, anjing harus diperiksa kembali setelah 2-4 minggu untuk vaksin kedua. Kemudian, anjing juga harus mendapatkan vaksin booster yang diberikan setiap 1-3 tahun untuk memastikan perlindungan yang optimal.

Beberapa jenis vaksin umumnya memerlukan dosis tambahan atau perawatan yang berbeda. Salah satu contohnya seperti vaksin rabies yang harus diperbarui setiap 1-3 tahun sesuai dengan regulasi lokal. Contoh lainnya seperti Vaksin Leptospirosis yang juga memerlukan dosis tambahan setelah beberapa minggu atau bulan setelah vaksin pertama.

Jadwal vaksinasi yang tepat untuk hewan peliharaan Anda umumnya akan ditentukan oleh dokter hewan. Dokter hewan akan mempertimbangkan faktor seperti usia, jenis anjing, gaya hidup, dan risiko penyakit di lingkungan anjing tersebut berada.

Selain vaksin anjing, sangat penting juga untuk memperhatikan jenis makanan yang tepat. Salah satu produk makanan yang tepat dan bagus untuk anjing kesayangan Anda yaitu Royal Canin. Produk makanan ini lezat dan bernutrisi.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *