5 Rekomendasi Obat Mual Untuk Ibu Hamil, Dijamin Aman

obat mual untuk ibu hamil

Rasa mual dan muntah biasanya dialami oleh ibu hamil pada trimester pertama. Tidak hanya mual dan muntah, biasanya ibu hamil juga merasakan lesu serta lemah. Ada beberapa obat mual untuk ibu hamil tapi tetap harus konsultasi dengan dokter.

Namun perlu kamu ketahui bahwa tidak semua obat mual untuk ibu hamil boleh dikonsumsi saat hamil. Karena ada beberapa kandungan dalam obat tersebut bisa memicu efek samping.

Obat mual untuk ibu hamil ini ada yang berasal dari obat-obatan medis ataupun obat-obatan tradisional. Saat mengkonsumsi obat yang diperbolehkan oleh dokter, rasa tidak nyaman akibat mual akan teratasi.

Dilansir dari berbagai website, ada beberapa obat yang bisa meredakan mual saat hamil. Tidak hanya obat medis tapi ada juga obat non medis atau disebut obat tradisional.

Obat mual untuk ibu hamil:

obat mual untuk ibu hamil
  1. Vitamin B6 dan doxylamine

kombinasi pada kedua obat ini tidak mengakibatkan resiko cacat pada bayi. Karena obat ini merupakan satunya obat yang diberi label khusus untuk mengatasi mual dan muntah saat hamil muda.

  1. Obat Motikitas

Motilitas ini merupakan obat yang bisa membantu dan memperlancar gerak saluran pencernaan. Obat ini juga akan bekerja dengan meningkatkan tekanan pada sfingter yang terletak di kerongkongan bawah.

  1. Jahe

Ini lah obat tradisional yang bisa mengatasi mual dan muntah pada ibu hamil. Jahe bisa diolah menjadi minuman hangat atau bisa menjadi minuman yang menyegarkan.

  1. Makanan yang asam

Makanan asam merupakan obat mual untuk ibu hamil. Namun, ibu hamil tidak boleh terlalu mengkonsumsi makanan yang asam, karena bisa memperburuk gejala muntah. 

  1. Akupuntur

Akupuntur ini adalah salah satu terapi yang dilakukan dengan menyisipkan jarum yang tipis pada titik-titik strategis di tubuh. Rangsangan di titik-titik ini dapat merangsang otot, saraf, dan jaringan ikat.

Itu lah 5 rekomendasi obat mual untuk ibu hamil secara medis maupun non medis. Semoga artikel ini bermanfaat bagi bumil.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *