Pentingnya Mengenali Tanda2 Awal Kehamilan dengan Baik

tanda2 awal kehamilan

Banyak wanita mengenali tanda-tanda kehamilan hanya dengan melihat satu sisi saja, seperti terlambatnya haid. Memang benar salah satu dari beberapa tanda2 awal kehamilan adalah telat haid. Namun keterlambatan ini tidak semata-mata karena kehamilan, tetapi juga beberapa faktor yang mempengaruhi seperti pola makan, stres, kelelahan, gangguan hormonal.

Pada umumnya ibu hamil mengenali kehamilannya pada usia 4 minggu. Sejak saat itu, janin membutuhkan nutrisi yang tepat, terutama asam folat yang bisa ditemukan di dalam Blackmores. Penting untuk mengenali ciri-ciri awal kehamilan untuk menghindari resiko cacat otak atau gangguan saraf pada janin. Disarankan pada masa-masa awal kehamilan ibu hamil mencukupi kebutuhan asam folat dan juga mencari tanda-tanda kehamilan lainnya, seperti: 

  • Pembesaran payudara
  • Munculnya flek atau bercak darah yang diikuti dengan kram perut
  • Mual dan muntah (morning sickness)
  • Sering buang air kecil
  • Pusing dan sakit kepala
  • Kelelahan dan kantuk yang berlebihan 
  • Sembelit
  • Hipersalivasi
  • Naiknya suhu basal tubuh, ini adalah suhu paling rendah dari tubuh saat dalam kondisi sedang beristirahat

Tanda-tanda kehamilan atau gejala kehamilan bersifat personal karena tidak semua wanita memiliki tanda-tanda kehamilan yang tepat selama awal kehamilan. Ini karena beberapa wanita mungkin mengalami semua gejala yang disebutkan, beberapa gejala yang bervariasi, atau tanpa gejala sama sekali. Untuk memastikan kehamilan tersebut, sebaiknya segera dilakukan tes kehamilan yang dapat dilakukan di rumah dengan menggunakan test pack atau di lab dengan melakukan tes darah. 

Selain memastikan kehamilan, Anda juga harus memastikan kebutuhan nutrisi dari tubuh Anda dengan mengkonsumsi Blackmores. Baik untuk kesehatan sehari-hari maupun untuk Anda yang sedang dalam program hamil. Dan ketika ada tanda2 awal kehamilan sudah muncul, nutrisi yang terpenuhi akan dapat membantu meringankan berbagai tanda dan gejala kehamilan.

Berbagai tanda kehamilan kemungkinan bisa jadi jarang disadari karena memang tidak mudah dikenali dan juga mirip dengan berbagai gejala sebelum atau pasca menstruasi. Tidak hanya itu saja, kondisi dari tiap wanita itu berbeda antara satu dengan yang lainnya dan pengalaman kehamilannya bisa jadi tidak sama. Tetapi yang paling penting adalah mengatasi berbagai gejala yang menjadi penyebab ketidaknyamanan dengan sebaik mungkin.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *