Penyebab dan Cara Mengatasi Pusar Bayi Berdarah

pusar bayi berdarah

Semua bagian tubuh bayi baru lahir memang bisa dibilang sensitif dan rawan. Salah satu bagian paling rawan adalah tali pusar karena belum kering dan terbentuk sempurna. Jika tidak hati-hati, bahkan pusar bayi bisa mengeluarkan darah. Jangan panik terlebih dahulu apabila itu terjadi. Ada cara yang tepat mengatasi pusar bayi berdarah. Ketahui juga penyebabnya berikut ini:

Penyebab Pusar Bayi Bisa Berdarah

Saat masih berada dalam kandungan, tali pusar berperan untuk mendistribusikan nutrisi dari tubuh ibu ke tubuh janin. Setelah lahir tali pusar tersebut akan dipotong karena bayi sudah tidak membutuhkannya lagi. Namun karena proses penyembuhannya tidak langsung, bagian pusar akan jauh lebih sensitif dibandingkan bagian tubuh lainnya.

Bahkan terkadang ada masalah pusar bayi yang berdarah. Sebenarnya kasus tali pusar yang berdarah adalah hal normal. Biasanya terjadi karena tali pusar mengalami puput atau mengering dan lepas. Pendarahan muncul pada bagian tali pusar yang terlepas. 

Selain itu, ada beberapa penyebab tali pusar berdarah lainnya yaitu gesekan antara pusar dan popok atau kain pakaian. Lalu pendarahan juga terjadi karena infeksi. Pendarahan karena infeksi disertai dengan gejala seperti kulit hangat, area kulit merah, dan muncul cairan seperti nanah. Jika pendarahan akibat infeksi, Anda harus membawanya ke dokter untuk dilakukan diagnosis dan pengobatan. 

Cara Mengatasi Pusar Bayi yang Berdarah

Jika pendarahan terjadi secara normal misalnya karena puput pusar, Anda bisa mengatasinya dengan beberapa cara sederhana. Langsung saja, berikut caranya:

  • Bersihkan area sekitar pusar menggunakan kain yang bersih.
  • Berikan tekanan lembut pada bagian pusar agar pendarahan berhenti.
  • Pastikan memakai popok yang aman dan tidak bergesekan dengan area pusar. 
  • Bawa ke dokter apabila pendarahan tidak kunjung berhenti.

Itulah informasi mengenai penyebab dan cara mengatasi pusar bayi berdarah. Sebelum terlambat, Anda bisa mencegah pusar bayi yang berdarah dengan memakai popok MAKUKU SAP Diapers. Popok dengan teknologi SAP ini memiliki fitur belly button u-shape. Jadi bagian pusarnya berbentuk huruf U sehingga melindungi pusar dari gesekan dengan popok. Ada beberapa pilihan varian MAKUKU SAP Diapers yang bisa Anda pilih.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *