Mengenal Sugar Rush, Serta Cara Mengatasinya yang Paling Mudah!

sugar rush

Pada dasarnya, gula adalah sumber energi yang penting bagi tubuh. Akan tetapi, masalah akan timbul jika konsumsi gulanya sudah terlalu berlebihan, dan salah satu akibatnya terjadi yang namanya lonjakan gula atau sugar rush.

Lonjakan gula ini sendiri merupakan salah satu efek sementara bagi tubuh, ketika sudah mengkonsumsi asupan makanan atau minuman, dengan tinggi akan gula di dalamnya. 

Hal ini biasa terjadi kepada anak-anak, yang selalu berperilaku tidak umum setelah mengkonsumsi makanan manis, seperti sulit ditenangkan, sulit tidur, dan terlalu bersemangat. 

Apakah Lonjakan Gula Ini Berbahaya? 

Pada tubuh anak-anak yang dikenal dengan daya tahan tubuhnya yang tidak sekuat orang dewasa, sugar rush ini nyatanya bisa menimbulkan berbagai efek buruk dalam tubuhnya. Adapun diantaranya adalah sebagai berikut: : 

  • Resiko Obesitas

Dengan terlalu banyak mengkonsumsi asupan makanan atau minuman dengan kadar gula tinggi ini, nyatanya dapat menimbulkan peningkatan berat badan secara signifikan. Hal ini menjadi salah satu faktor terjadinya obesitas pada anak. 

  • Permasalahan pada Gigi

Mengkonsumsi asupan gula tinggi, juga bisa berdampak buruk terhadap kesehatan gigi anak. Bila tidak diatasi dengan baik, hal ini akan menimbulkan permasalahan gigi pada anak, termasuk terjadinya karies gigi. 

  • Bisa Terkena Penyakit Serius

Bila terus dibiarkan konsumsi asupan gula yang tinggi ini, sejatinya dapat menyebabkan permasalahan yang sangat serius juga pada kesehatan tubuh anak. Meliputi diantaranya, anak bisa terkena resiko penyakit diabetes tipe 2, penyakit jantung, dan lainnya. 

Bagaimana Solusi Terbaiknya? 

Untuk mengatasi permasalahan sugar rush pada anak ini, Anda bisa lakukan dengan membatasi asupan makanan atau minuman dengan kadar gula yang tinggi. 

Sebagai alternatif, Anda bisa memberikan produk makanan atau minuman yang mengandung kadar gula yang rendah, atau bisa aman untuk dikonsumsi oleh anak. 

Kalaupun ingin daya tahan tubuh anak ini bisa semakin kuat, maka Anda bisa memberikan suplemen vitamin dari  Blackmores Kids Body Shield. 

Blackmores Kids Body Shield ini sendiri merupakan suplemen multivitamin, yang kaya akan kandungan Vitamin A, C, D, E dan Zinc, yang dapat turut menjaga daya tahan tubuh anak. 


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *