Pilihan antara Cash atau Kredit, Keputusan Bijak Beli Motor Listrik


Memilih menggunakan motor listrik merupakan langkah cerdas untuk menuju mobilitas berkelanjutan, namun ketika tiba saatnya untuk membayar, pertanyaan muncul: Apakah lebih baik membayar secara tunai atau menggunakan fasilitas kredit? Mengingat keberalihan ke kendaraan listrik saat ini semakin meningkat, beli motor listrik menjadi suatu keharusan untuk membantu keberlanjutan bumi masa depan.

Berikut beberapa pertimbangan yang dapat membantu Anda untuk membuat keputusan bijak antara opsi cash atau kredit saat memilih motor listrik:

1. Keuntungan Membayar Tunai

a. Pembayaran Langsung:

Membayar secara tunai berarti Anda dapat langsung memiliki motor listrik tanpa adanya utang atau pembayaran cicilan bulanan. Dengan ini Anda mempunyai rasa kepemilikan yang segera dan bebas dari kewajiban pembayaran jangka panjang.

b. Eksklusivitas Diskon

Beberapa dealer atau produsen mungkin menawarkan diskon khusus atau insentif untuk pembayaran tunai. Selain terbebas dari biaya cicilan, hal ini juga dapat menjadi keuntungan finansial tambahan yang membuat total biaya pembelian lebih rendah.

c. Tidak Ada Beban Bunga

Dengan membayar tunai, Anda tidak perlu khawatir tentang beban bunga dari pinjaman. Ini artinya, Anda membayar tepat sejumlah yang tertera pada harga motor listrik tanpa tambahan biaya.

2. Keuntungan Pembiayaan Kredit

a. Pembayaran Bertahap

Ketika memilih pembiayaan kredit, Anda dapat beli motor listrik dalam jumlah yang lebih kecil setiap bulan, metode ini akan sangat pas untuk Anda yang memerlukan hal lain dan tentunya bisa sesuai dengan keuangan bulanan Anda.

b. Liquidity Tetap Terjaga

Membayar dengan kredit memungkinkan Anda untuk tetap menjaga likuiditas keuangan Anda. Uang tunai dapat tetap digunakan untuk investasi atau kebutuhan mendesak lainnya.

c. Mungkin Mendapatkan Bunga Rendah

Jika Anda memenuhi syarat untuk suku bunga yang rendah, pembiayaan kredit dapat menjadi pilihan yang lebih hemat biaya daripada membayar secara tunai. Ini jika suku bunga lebih rendah daripada pertumbuhan investasi Anda yang potensial.

3. Pertimbangan Tambahan

a. Lihat Keuangan Pribadi

Evaluasilah keuangan pribadi Anda dan pertimbangkan apakah pembayaran tunai akan memberikan dampak signifikan pada likuiditas keuangan Anda atau tidak, pertmbangan dan perhitungan yang baik akan memberikan dampak yang baik dalam jangka panjang keuangan Anda..

b. Lihat Suku Bunga

Jika memilih pembiayaan kredit, pastikan untuk memahami suku bunga yang ditawarkan dan berapa total biaya bunga yang harus Anda bayarkan selama masa pinjaman.

c. Perbandingan Diskon dan Insentif

Hitunglah diskon atau insentif yang mungkin Anda dapatkan dengan pembayaran tunai dan bandingkan dengan biaya tambahan yang mungkin timbul dari bunga kredit. Pilihlah opsi yang memberikan nilai terbaik.

Pemilihan antara membayar tunai atau menggunakan fasilitas kredit saat beli motor listrik merupakan keputusan yang perlu dipertimbangkan dengan matang. Sesuaikan pilihan dengan kebutuhan keuangan dan preferensi pribadi Anda. 

Rekomendasi untuk Anda yang ingin beralih dari motor konvensional ke motor listrik, Anda bisa mengikuti skema kredit ALVA, yang jauh lebih enteng untuk Anda yang memutuskan untuk mengambilnya motor listrik ALVA ONE secara kredit. Tersedia beberapa pilihan skema yang bisa Anda pilih,salah satunya besaran uang muka atau down payment dibuka mulai dari harga Rp 1 Juta sampai Rp 25 Juta, untuk cicilan juga dapat Anda pilih mulai dari jangka waktu 12 bulan hingga 24 bulan dan 36 bulan. 

Dengan beberapa skema kredit yang diberikan ALVA untuk motor listriknya yakni ALVA ONE tentu memberikan opsi lebih untuk Anda segera memiliki motor listrik futuristik dan performa terbaik di kelasnya ini, dapatkan sekarang dengan skema kredit lebih ringan!


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *